Menengok Masa Depan: 10 Teknologi yang akan Mengubah Cara Hidup Kita


Ada penemuan-penemuan yang memberikan manfaat sangat besar bagi kehidupan manusia, seperti microwave oven, hair dryer, mesin ATM dan sebagainya. Penemuan-penemuan yang luar biasa tetapi dengan tidak adanya penemuan-penemuan tersebut kehidupan manusia akan tetap berjalan seperti biasa.

Ada juga penemuan-penemuan yang membawa perubahan yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia, bahkan dengan adanya penemuan-penemuan tersebut peradaban manusia telah diubah untuk selamanya, seperti printing press, telephone, pesawat terbang, anti-biotik, bubuk mesiu dan lain sebagainya.

Tetapi, hampir semua penemuan-penemuan hebat biasanya memiliki salah satu dari karakteristik berikut ini: memperbaiki kualitas hidup manusia, menyebabkan munculnya kebudayaan baru, dan memiliki potensi untuk menyebabkan pergolakan yang luar biasa.

Pada saat menyusun daftar 10 hal yang akan mengubah cara hidup kita, kita menengok hal-hal yang meskipun belum banyak digunakan tetapi penggunanya meningkat secara drastis. Penemuan-penemuan dan teknologi-teknologi ini meskipun tidak selalu baru dan menghebohkan karena ada yang baru akan diluncurkan atau telah diluncurkan beberapa waktu lalu, telah diuji coba dan telah terbukti dapat digunakan dan akan membawa perubahan besar dalam cara hidup kita.


1. Fuel Cells

Di dalam Fuel Cells, reaksi energi antara sebuah bahan bakar, seperti liquid hydrogen dan sebuah antioksidan, seperti liquid oxygen, akan diubah menjadi energi listrik. Fuel Cells akan mengubah perekonomian dunia karena fuel cells merupakan sebuah terobosan baru dalam bidang automotif seperti mesin internal-combustion dan juga dapat digunakan untuk baterai hand-phone, generator, dan lain sebagainya. Teknologi ini akan mengurangi masalah yang ada sekarang mengenai pengolahan sisa-sisa baterai yang telah digunakan karena secara teori, Fuel Cells ini dapat diperbaharui selamanya.


2. Gene Therapy

Meskipun teknologi Gene Therapy belum mendapatkan lisensi untuk dapat digunakan secara komersil, Gene Therapy ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat memperbaiki keturunan yang cacat yang merupakan penyebab berkembangnya berbagai macam penyakit. Cara kerja Gene Therapy ini ialah dengan memasukkan gen ke dalam jaringan sel, menggantikan gen yang rusak dengan yang baru. Sejauh ini, para pakar telah melakukan riset tentang bagaimana Gene Therapy ini dapat digunakan untuk melawan atau bahkan menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kerusakan satu gen, seperti cystic fibrosis, hemophilia, penyakit otot dan sickle cell anemia. Di masa mendatang diharapkan bahwa Gene Therapy ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit lain dan bahkan dapat mencegah penyakit turunan seperti Down Syndrome dan penyakit jantung.


3. Haptics

Meskipun banyak orang masih belum tahu tentang haptics, tapi teknologi ini telah secara perlahan dan pasti menjadi bagian dari kehidupan kita dalam bentuk vibrating phones, game controllers dan force-feedback control knobs di berbagai kendaraan roda empat (BMW iDrive System telah menggunakan teknologi ini). Tetapi teknologi haptics ini masih berpotensi besar untuk dapat digunakan untuk hal-hal lainnya. Produk-produk seperti CyberForce "whole-hand force feedback system" dari Immerson Corporation dan SenseAble Technologies memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara fisik dengan virtual object. Misalnya dengan menggunakan sarung tangan yang telah dilengkapi dengan sensor dan sebuah force-reflecting exoskeleton, pengguna dapat secara fisik merasakan tekstur dari sebuah object tiga dimensi yang ditampilkan pada sebuah layar monitor. Perangkat semacam ini sekarang telah digunakan untuk virtual modelling, ilmu kedokteran dan militer tetapi dengan semakin menurunnya biaya produksi, teknologi haptics ini dapat menjadi alat komunikasi yang sangat berharga. Dengan teknologi haptics ini, orang-orang akan dapat berjabat tangan secara virtual melalui internet dan para dokter akan dapat mendiagnosa dan mengoperasi pasien dari jarak ribuan mil.


4. Internet2 atau UCAID

Internet2 atau UCAID (University Corporation for Advanced Internet Development) adalah next-generation internet. UCAID adalah konsorsium non-profit yang dikembangkan oleh berbagai univeristas terkemuka di dunia dan bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar di bidang teknologi seperti Cisco, Intel dan Comcast di tahun 1996 untuk mengirimkan video dan data dengan kecepatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Internet biasa pada umumnya. Hal ini dimungkinkan karena internet ini memiliki koneksi langsung ke Abilene National Backbone, milik Qwest Communication, yang menggunakan teknologi fiber network yang dilengkapi dengan teknologi optical networking sehingga memiliki kapasitas 10 gigabits per detik. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan download packet data yang lebih kompleks dengan lebih cepat dan memfasilitasi kegiatan lainnya seperti aplikasi yang menggunakan peer-to-peer, high-definition videoconferencing dan sebagainya


5. LifeStraw

Cairan apakah yang paling berharga di dunia ini? Anda salah jika menjawab minyak bumi. Meskipun lebih dari 70% permukaan bumi terdiri dari air, namun masih banyak berbagai daerah di belahan dunia ini yang menderita kekeringan atau kekurangan air minum. Teknologi LifeStraw ini diharapkan dapat mengubah itu semua. Alat dengan panjang 10 inci dan berdiameter 1 inci ini dibuat oleh Vestergaard Frandsen S.A. dari Lausanne, Switzerland. Alat ini berasal dari resin yang telah dipatenkan yang dapat membunuh berbagai bakteri yang bersentuhan dengannya. Filternya dapat menghilangkan bakteri-bakteri seperti salmonella dan staphylococcus dari permukaan air sungai dan danau. Dapat digunakan secara berulang-ulang dan harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar $3-$4 per buah, yang membuat alat ajaib ini memiliki potensi besar untuk megurangi penyebaran penyakit dan meningkatkan standar hidup dan sanitasi di negara-negara termisikin di dunia.


6. MRAM

MRAM atau Magnetoresistive Random Access Memory akan mengubah dunia kerja kita. Para ahli di IBM telah menunjukkan bahwa MRAM dapat bekerja 6 kali lebih cepat dibandingkan RAM yang sekarang beredar di pasaran yang kita kenal dengan dynamic RAM. MRAM dapat bekerja dengan kecepatan hampir sama dengan Static RAM dan lebih tahan lama dibandingkan dengan Flash memory. Berbeda dengan teknologi-teknologi pendahulunya, MRAM menggunakan teknologi magnet, bukan listrik, untuk menyimpan data. Pada Desember 2005, para pakar Sony telah mempraktekkan penggunaan teknologi MRAM ini di laboratorium mereka dan menghasilkan kemampuan untuk menyimpan data dengan kecepatan 2 nanoseconds.


7. $100 Laptop

Jika kita mengakui bahwa dunia perekonomian saat ini telah sepenuhnya bergantung pada teknologi informasi, maka masuk akal jika kita beranggapan bahwa mereka yang tersisihkan dari global information network ini akan selamanya tinggal dalam lingkaran kemiskinan. Massachusetts Institute of Technology Media Lab. telah mendesain laptop yang dapat dijual hanya dengan harga $100 sehingga anak-anak di negara-negara miskin atau negara berkembang dapat mengakses internet. Untuk menekan biaya, laptop ini menggunakan dual-mode display seharga $35 yang banyak ditemukan pada DVD players murah, 500 megahertz processor dan hanya dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan data sebesar maksimum 1 GB. Pengguna dapat menggunakan laptop ini untuk mengakses internet dengan wireless card. Prototype laptop ini telah dibuat oleh MIT pada November 2005 dan berharap pada akhir tahun 2006, telah dapat dikirimkan ke berbagai negara-negara yang membutuhkan.


8. Minyak Bumi Seharga $200 Dollar per Barrel

Ini bukanlah inovasi baru, tetapi hal ini akan menimbulkan perubahan yang drastis terhadap cara hidup kita. Meskipun beragam prediksi bermunculan dari yang menakutkan sampai yang menjanjikan, para ahli setuju bahwa kenaikan harga yang dramatis akan menimbulkan dampak yang sangat signifikan dalam dunia perekonomian global dan juga komunitas dunia secara global.


9. VoIP

Voice-over-Internet Protocols (VoIP) membuat kita dapat melakukan panggilan telepone melalui Internet atau Network lainnya yang didasari oleh teknologi IP. Dengan teknologi VoIP ini, biaya telepone menjadi jauh lebih murah dibandingkan dengan teknologi telepon biasa sebelumnya. Juga layanan VoIP ini sangat murah karena biasanya high speed Internet Access Provider memberikan fasilitas VoIP ini gratis kepada pelanggan mereka. Salah satu alasan lainnya adalah mobilitas yang dibutuhkan hanyalah sebuah akses internet untuk melakukan panggilan telepon dari manapun.


10. WiMAX

WiMAX singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access adalah teknologi wireless jarak jauh yang memungkinkan orang untuk mengakses telepon, komputer dan internet secara efektif di manapun. Tidak perlu lagi menunggu pemasangan kabel dari perusahaan telepon setempat untuk menjangkau daerah perumahan atau perkantoran. IEEE 802.16 broadband wireless access memberikan jangkauan sejauh 31 mil dan memungkinkan koneksi tanpa kabel. Teknologi WiMAX ini akan memberikan dampak yang sangat signifikan karena akan semakin memudahkan koneksi tanpa kabel untuk keperluan bisnis maupun untuk kesenangan. Kedua, teknologi ini akan memberikan dampak sangat besar kepada negara-negara dunia ketiga yang kurang akan infrastrukstur yang memadai.

 

0 komentar: