Windows Vista: Terobosan Baru dari Microsoft


Windows Vista - terobosan baru dari Microsoft dengan graphic yang sangat menarik, fitur yang sangat lengkap dan security yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows XP.

Windows Vista yang merupakan generasi penerus Windows XP akan segera diluncurkan di pertengahan tahun 2006 ini. Bahkan saat ini versi pre-released dari Windows Vista ini, yaitu Windows Vista, Build 5308 telah diluncurkan. Bagi banyak orang yang telah mencoba menggunakan versi pre-released dari Windows Vista ini, Operating System Windows terbaru ini merupakan terobosan besar bagi Microsoft karena selain graphic yang sangat menarik, fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan security yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya yaitu Windows XP.

The Best Security

Meskipun Windows XP Service Pack 2 yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu telah mampu menambal banyak lubang-lubang security yang menjadi masalah besar sebelumnya, Windows Vista ini mampu membawa security ke tahap yang lebih tinggi. Begitu banyaknya perubahan-perubahan yang dilakukan sehingga tidak akan cukup jika dipaparkan di sini, mulai dari pengetatan software firewall yang memonitor traffic inbound dan outbound yang dapat mencegah agar system Anda tidak dibajak oleh komputer atau prossessor lain yang tidak jelas, sampai dengan full-disk ecryption, yang dapat mencegah agar penggunanya tidak dapat mengakses data Anda meskipun komputer Anda dirampok atau dicuri. Bahkan Windows Vista ini dilengkapi dengan User Account Protection yang dapat memberikan batasan-batasan akses kepada user-user seperti yang diinginkan oleh administrator yang berarti system Windows Vista tidak akan membiarkan mereka untuk melakukan hal-hal tertentu seperti melakukan loading software dan lain sebagainya tanpa seijin administrator.

Windows Vista juga akan dilengkapi dengan wajah baru dari Internet Explorer yaitu Internet Explorer 7.0. Internet Explorer 7.0 ini mempunyai berbagai security baru seperti color-coded Address Bar yang akan berubah warna jika penggunanya masuk ke dalam website yang dilengkapi dengan digital key security atau dengan fitur anti-phising yang baru yang akan memberikan peringatan kepada Anda jika Anda memasuki website palsu yang bertujuan untuk mencuri informasi dari Anda. Khusus untuk mereka yang menggunakan Internet Explorer 7.0 di platform Windows Vista ini, akan mendapatkan tambahan security ekstra berupa akses yang terbatas (protected mode) yang dapat mencegah pihak ketiga untuk memasukkan program-program yang dapat berdampak buruk ke dalam komputer Anda.

Bagi para orang tua yang selama ini khawatir dengan penyalahgunaan komputer oleh anak-anak mereka, Windows Vista ini akan membuat pengawasan penggunaan komputer semakin mudah. Dengan aplikasi Web Filtering dalam Windows Vista ini, Anda dapat membatasi akses ke situs-situs tertentu, memblokir akses ke website-website sesuai dengan tipe yang diinginkan dan melakukan lock download file agar anak-anak Anda tidak dapat melakukan download file-file yang tidak Anda inginkan.

Powerful Graphics and Multimedia

Untuk pertama kalinya microsoft mengintegrasikan graphics dengan kualitas yang luar biasa ke dalam windows. Dengan fitur Aero Glass Interface yang sangat menawan dengan animasi, 3D rendering dan transparasinya dipastikan akan memanjakan mata pengguna Windows Vista.

Windows Media Player, yang selama ini merupakan aplikasi yang kurang diminati oleh para pengguna Windows pun, kini tampil dengan wajah baru. Selain merupakan fitur ekstra yang telah terintegrasikan ke dalam Windows Vista, Windows Media Player baru ini dilengkapi dengan Windows Photo Gallery yang dapat digunakan untuk mengorganisasikan photo dengan sangat efisien, bahkan dilengkapi dengan fungsi editing photo serta printing. Ada pula aplikasi DVD Maker yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit film dan juga beberapa game terbaru yang semuanya memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi penggunanya.

Better Management

Operating System yang baru ini juga mengintegrasikan Instant Desktop Search untuk memperbaiki fungsi Search dari Windows versi sebelumnya. Oleh karena itu, Windows Vista ini akan menggunakan indexing yang jauh lebih baik dan user-assignable metode yang akan membuat pencarian untuk file-file apapun, termasuk email dan Web content, semakin mudah. Dan jika Anda menggunakan Windows Vista di dalam network Windows Longhorn, maka Anda juga dapat melakukan pencarian file atau data di komputer lain yang tergabung di dalam network-network yang berbeda dengan komputer Anda.

Seperti Windows versi pendahulunya, Vista masih menggunakan Internet Explorer untuk mengakses Windows Update, tetapi versi Vista juga mengintegrasikan fitur-fitur penting lainnya seperti Windows Defender Antispyware Module yang juga akan melakukan update-nya melalui Windows Update sehingga akan semakin memudahkan penggunanya karena tidak perlu melakukan update satu per satu secara terpisah. Selain itu, fitur System Restore akan melakukan back-up dengan cara mengambil snapshots dari sistem Anda setiap saat sehingga Anda akan dapat secara mudah mengembalikan sistem Anda seperti semula jika terkena virus atau jika terjadi instalasi program yang salah yang dapat menyebabkan kerusakan komputer Anda.

Peer-to-peer Collaboration

Modul Windows Collaboration yang menggunakan teknologi peer-to-peer akan memungkinkan pengguna Vista untuk bekerja bersama-sama dalam suatu ruang kerja secara virtual. Penggunanya dapat membentuk suatu kelompok kerja dan kemudian bekerja bersama-sama dalam suatu dokumen tertentu, melakukan persentasi dan saling bertukar pesan. Bahkan sesama pengguna Windows Vista dapat melakukan "posting handouts" satu dengan lainnya.

Personalized your Vista

Fitur Windows Sidebar yang menarik ini akan memunculkan berbagai informasi yang diinginkan oleh penggunanya, seperti real-time informasi ramalan cuaca, informasi tentang berbagai harga saham, status sistem, dan informasi-informasi lainnya yang dapat di setting sendiri oleh penggunanya seperti berita olahraga dan sebagainya.

Windows Vista ini juga dilengkapi dengan Auxiliary Display untuk memudahkan para pengguna laptop mendapatkan informasi-informasi penting yang mereka perlukan seperti jadwal pertemuan, daftar alamat dan nomor telepon penting, email terbaru dan lain sebagainya tanpa harus masuk ke dalam display utama laptop mereka. Auxiliary Display ini akan terus tampil bahkan pada saat laptop Anda berada dalam keadaan stand-by atau pada saat laptop mati.

Go Mobile

Bagi Anda pengguna PDA ataupun Mobile Phone, Windows Vista mempunyai fitur Sync Center yang akan dapat secara otomatis mengintegrasikan aplikasi PDA atau Mobile Phone Anda untuk memudahkan transfer file atau email ke dalam komputer Anda.

 

 

0 komentar: