Mulan Kwok hengkang dari "RATU"


Duo Mulan Kwok [nama aslinya Wulandari --red], dan Maia Ahmad akhirnya bubar. Meski belum ada pernyataaan resmi dari manajemen RATU, tapi dengan Mulan yang memilh mundur dari formasi, apalagi kalau tidak disebut bubar?
Ribut-ribut di tubuh RATU ini memang cukup pelik. Merember kemana-mana. Tapi dari benang merah yang bisa ditarik, Mulan sebenarnya menginginkan transparansi mengnenai honor. Sayangnya --menurut Mulan-- tidak ada respon positif dari manajemen RATU alias jalan buntu. Setelah deadline selama sepuluh hari sejak surat terbuka mengenai transparansi untuk Ratu dibacakan tidak ada jawaban dari pihak manajemen. Ditambah lagi pertemuan antara dirinya, Maia dan manajemen Ratu pada hari Jumat [26/1/2007] mengalami jalan buntu.
"Maka sebagai memenuhi tanggungjawab dan konsistensi pada surat tersebut maka saya menyatakan tidak akan melakukan kerjasama dengan manajamen Ratu per tanggal 31 Januari 2007," ujar Mulan dalam jumpa pers di kediamanya Jl Gedung Hijau 7 no 12, Pondok Indah Rabu [31/1/2007]. Dalam keterangan lebih lanjut Mulan mengatakan sebagai bentuk profesionalitas, ia akan tetap kerjasama dengan Ratu untuk kontrak-kontrak yang sudah ada sebelum tanggal 20 Januari dan itu diperkirakan ada sebanyak lima pekerjaan lagi. "Dan saya akan bertanggungjawab pada jadwal kerja yang telah disepakati oleh manajemen Ratu hinggga bulan Mei 2007," jelas Mulan.
Artinya Mulan baru benar-benar lepas dari Ratu pada pertengahan bulan Mei 2007. Itu meliputi show dan berbagai iklan produk. Dengan begitu Mulan juga mengaku tidak akan menuntut berapa honor yang akan diterimakan. Kata lainnya tidak dibayarpun ia jalani.
Bicara RATU memang menarik. Duo ini tergolong langka di blantika musik Indonesia. Personil awalnya adalah Pingkan Mambo dan Maia Ahmad. Bersama Pinkan, Ratu menelorkan satu album yang memunculkan beberapa hits seperti Baik-Baik Saja. Tak cuma itu, Pinkan juga punya suara "sengau" yang khas. Sayangnya, duo ini pecah lantaran Pinkan yang hamil kemudian memutuskan untuk hengkang dan memilih bersolo karier.
Bubar? Tidak, tapi Maia kemudian berkeliling dan mengaudisi beberapa penyanyi untuk menjadi pengganti Pinkan. Sebutlah Tia AFI yang sempat membantu dalam beberapa penampilan Ratu.
Mulan terpilih menjadi pengganti Pingkan Mambo yang mengundurkan diri lantaran melahirkan. Sebelum bergabung dengan Ratu, Mulan sempat bergabung dengan kelompok band asal Bandung, Dimensi, yang tampil dari kafe ke kafe. Mulan, bukanlah satu-satunya calon yang diincar Maia. Menurut Maia, cukup banyak penyanyi wanita yang ikut audisi untuk mengisi kekosongan di Ratu.
Maia mengaku, pertama kali melihat Mulan saat penyanyi itu tampil di Barbados Kafe, di bilangan Kemang, Jaksel. "Saat pertama kali melihat, aku langsung jatuh cinta," kata Maia di HardRock Cafe Kamis [07/04/2005] silam sambil bercerita dirinya bertemu Mulan pada Desember 2004. Ketika Mlan bergabung, Maia sempat mengatakan, Soal manajemen, mengantisipasi terjadinya hal yang tidak mengenakkan, Maia langsung "memasang jaring" lewat kesepakatan-kesepakatan dalam kontrak yang jelas. "Yah biar sama-sama enak," jelas istri Dhani Ahmad ini kenes.
Duo ini melejitkan istilah Teman Tapi Mesra [TTM] dan Lelaki Buaya Darat yang juga jadi hits dari album mereka. Sayangnya, kemesraan itu harus berlalu. RATU Bubar atau Maia audisi vokalis baru lagi nih?

 

 

0 komentar: